Senin, 25 Oktober 2010

Tugas pengantar bisnis

TEMA : MENGAPA KITA HARUS BERBISNIS?
JUDUL : KOMUNIKASI BERBISNIS
DEFINISI BISNIS
Adalah semua kegiatan yang mencakup menyediakan barang dan jasa yang diperlukan atau diinginkan
Oleh orang atau dapat dikatakan bisnis dimaksudkan untuk menyedikan barang dan jasa untuk tujuan
Mencari:
A.keuntungan
Kegiatan bisnis yang tidak mengambil keuntungan adalah bisnis yang dilakukan oleh kantor dinas pemerintah , rumah sakit dan pemadam kebakaran DLL.
B.Kantor pemerintah melalui para karyawannya berusaha memberikan layanan kepada masyarakat,ini juga disebut kegiatan bisnis.seperti:yang dikatakan oleh BROWN dan PETRELLO business is and institution which produces goods and service demanded by people.jadi,bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
Kita perlu mempelajari bisnis karena dunia bisnis sangat mempengaruhi kehidupan semua orang . dan semua orang tertarik ,ingin mengetahui dan terlibat dalam kegiatan bisnis .
Tujuan utama kegiatan bisnis:
Mencari keuntungan ,mengejar pertumbuhan ,meningkatkan efisiensi ,dan melindungi masyarakat
FUNGSI-FUNGSI DASAR BISNIS
Menurut STEIN SKOFF dalam bukunya THE WORLD OF BUSINESS 1979 Menyatakan bahwa untuk dapat menyediakan barang dan jasa bagi kebutuhan masyarakat ,maka dibutuhkan lebih dulu bahan mentahnya,lalu diproses dalam pabrik menjadi hasil produksi.berikut ini beberapa fungsi-fungsi dasr bisnis antara lain:
A.ACDUIRING RAW MALERIALS(mencari bahan mentah)
B.MANUFACTURING RAW MATERIALS TO CONSUMENT(menghasilkan barang ke tangan masyarakat)
SEGMENTASI BISNIS
Bagian-bagian kegiatan dalam dunia bisnis yang membantu memperlancar dan mengembangkan kegiatan dunia bisnis.
A.Produsen Penghasilan Bahan Mentah
Misalnya:bahan mentah dari para petani
B.Pabrik-Pabrik Dan Indusri Konstuksi Bangunan
Misalnya:pabrik tertentu yang dibutuhkan oleh konsumen
C.Perusahaan Angkut
Merupakan kunci yang penting pula dalam kegiatan bisnis syah tanpa angkutan barang telah terdapat diangkutan dari daerah-daerah lain
D.Sytem Disrtibusi
Sangat penting karena sytem ini yang menjamin barang sampai ketangan konsumen
E.Perusahaan Umum
Jasa perusahaan umum sangat dibutuhkan seperti:perusahaan minyak, gas alam ,air minum DLL.
F.Perusahaan Komunikasi
Sangat penting artinya dalam kegiatan bisnis untuk menyampaikan pesan suatu produk atau perusahaan .
G.Perusahaan Asuransi
Semua kerugian yang akan ditanggung UKP,asuransi sesuai dengan peraturan yang berlaku
H.Lembaga Pendidikan
Orang-orang tidak diperoleh begitu saja ,mereka harus melewat pendidikan dan pengalaman berpuluh-puluh tahun.
I.Penelitian
Sangat penting dilakukan guna pengembangan masa mendatang
Isi makalah ini akan dimulai dengan memberikan penjelasan secara ringkas mengenai hal-hal utama manfaat berbisnis yang perlu diketahui lebih dahulu oleh pembaca .itulah yang akan dipaparkan adalah mengenai buku ini ditulis dengan maksud agar dapat dibaca oleh kalangan yang terterah untuk mempelajari Dan mengkaji masalah-masalah bisnis dan komunikasi berbisnis
PENGERTIAN ETIKA BISNIS
Merupakan sebagai suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran –ajaran pandanganan mengenai baik buruk.etika mau mengerti mengapa kita mengambil skop yang bertanggung jawab dalam berhadapan dengan berbagai pandangan mengenai mengapa dasar apa kita harus hidup menurut norma –norma tertentu.karenai itulah etika juga dibutuhkan dalam bisnis , etika bisnis ada juga yang dikodifikasikan dalam kode etik bisnis . yakni serangkaian kewajiban yang mengikat para pelaku bisnis dalam mempraktikannya . kode etik ditetapkan oleh para pelaku bisnis itu sendiri banyak kebiasaan bisnis dikodifikasikan dalam peraturan perundang-undangan . hal ini belaku dalam satu Negara tertentu , tetapi adakalanya bisa berlaku secara internasional , antar bangsa yang sudah bertindak diluar batas Negara ini .
KOMUNIKASI DALAM BERBISNIS
Kegiatan bisnis tidak akan berhasil tanpa adanya komunikasi-komunikasi dalam bisnis terbagi menjadi 2 yaitu :
  1. Komunikasi intern
Dalam perusahaan komunikasi perlu dibina secara baik dengan karyawan agar mereka yakin dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan
  1. Komunikasi extern
Dilakukan perusahaan dalam hubungan dengan masyarakat
  1. Komunikasi dengan langganan
Dengan langganan atau konsumen perlu dibina komunikasi terus-menerus agar konsumen tidak lupa dengan produk perusahaan
  1. Komunikasi dengan lembaga pemerintah
Karna dalam berbisnis seseorang harus memehami peraturan-pereturan yang dikeluarkan
  1. Komunikasi dengan masyarakat
Perusahaan harus mengikuti hal yang berkembang dimasyarakat
TEKNIK KOMUNIKASI BISNIS
  1. Mencetak bulletin
Diterbitkan secara teratur yang memuat informasi tentang perusahaan , tentang produk baru yang dikembangkan dll .
  1. Pembuat Film Dokumentar
Menyangkut proses atau produk yamg dihasilkan oleh televisi dalam berita pembangunan .
  1. Publicity
Mengundang para wartawan atau kelokasi perusahaan , kemidian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan .
  1. Promosi
Teknik yang paling sering digunakan dalam berbisnis promosi , berarti semua rasa yang bertujuan meningkatkan penjualan termasuk kedalam : Personal Selling , Advertising , Publlicity , Sales Promotion .
MEMAHAMI KOMUNIKASI BISNIS
Dalam kehidupan sehari-hari , setiap orang tidak dapat dilepaskan dari dunia komunikasi . mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali . Sebelum berangkat kerja atau sekolah berbagai kegiatan komunikasi mereka lakukan , seperti mendengarkan radio dan music dalam format , CD (Compact Disc) atau DVD (Digital Versatile Disc) , Menonton acara televisi , membaca Koran tabloid , dan majalah .Kegiatan komunikasi yang dilakukan menggunakan berbagai media komunikasi nonelektronik (Konvensional) maupun elektronik
Dalam dunia bisnis yang berskala kecil , menengah ataupun besar orang-orang yang didalamnya (Para pelaku bisnis) tidak terlapas dari kegiataan komunikasi . oleh karena itu , bagi mereka komunikasi merupakan faktor yang sangat penting demi pencapaian tujuan suatu organisasi . Mereka dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada , baik yang konvensional maupun yang elektronih sebagai sarana panyampaian pesan-pesan bisnis .
Sebagai awal bahasan , akan dibahas dasar komunikasi bisnis yang mencakup pengertian komunikasi , verbal dan nonverbal , proses komunikasi , sebab-sebab timbulnya kesalahpahaman dalam komunikasi dan cara-cara memperbaiki atau meningkatkan komunokasi .
  1. Pengertian Komunikasi Bisnis
Menurut HIMSTREET dan Baty dalam Business Communication : Principles and Methods , Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui surat sistem yang biasa (Lazim) , baik dengan simbol-simbol , sinyal-sinyal maupun perilaku atau tindakan .
Komunikasi antar pribadi merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami kedua belah pihak dan cenderung lebih fleksibel dan informal .
Komunikasi lintas budaya merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua atau lebih yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda karena perpedaan geografis , tempat tinggal . Komunikasi dapat terjadi pada tingkat antar daerah , antar wilayah maupun antar Negara .
  1. Bentuk dasar komunikasi
  1. Komunikasi verbal (Verbal Communication)
Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik tertulis (Writen) maupun lisan (Oral) . Bentuk komunkasi verbal ini memiliki struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik , sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai dengan baik .
Komunikasi verbal dengan menyusun kata-kata kedalam suatu pola yang memiliki arti atau makna dalam bentuk tertulis dan lisan Antara lain : Mendengar dan membaca .
  1. Komunikasi Nonverbal
Bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunokasi nonverbal . Menurut teori antropologi , sebelum manusia menggunakan kata-kata mereka telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh , bahasa tubuh sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain .
  1. Proses Komunikasi
Perhatikanlah seseorang yang sedang berbicara , menulis , mendengarkan atau membaca . Kegiatan komunikasi yang mereka lakukan terdiri dari lebih dari satu tindakan . Sebagai suatu proses , komunikasi mempunyai prasaan dengan seseorang mengexspresikan perasaan , hal-hal yang berlawanan (Kontradiktiv) yang sama serta meliputi proses menulis , mendengarkan dan mempertukarkan informasi .
Tahapan-Tahapan Proses Komunikasi :
  1. Pengirim mempunyai idea tau gagasan
  2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan
  3. Pengirim menyampaikan pesan
  4. Penerima menerima pesan
  5. Penerima menafsirkan pesan
  6. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim
  1. Munculnya kesalahpahaman Komunikasi
Berikun ini beberapa kesalahpahaman dalam komunikasi :
  1. Masalah dalam mengembangkan pesan
  2. Masalah dalam menyampaikan pesan
  3. Masalah dalam menerima pesan
  4. Masalah dalam menafsirkan pesan
  1. Bagaimana Memperbaiki Komunikasi
Dalam melakukan komunikasi , adakalanya hasilnya tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan dengan kata lain , komunikasi anda lakukan tidak efektif , tidak mencapai sasaran dengan baik oleh karena itu untuk dapat melakukan yang efektif diperlukan beberapa persyaratan yaitu :
  1. Persepsi
  2. Ketepatan
  3. Kredibilitas
  4. Pengendalian
  5. Keharmoniasan
KOMUNIKASI BISNIS LINTAS BUDAYA
  1. Pengertian komunikasi lintas budaya
Merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun nonverbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya disuatu daerah , wilayah dan Negara .
Indonesia sebagai salah satu Negara yang sangat kaya dengan aneka macam budaya merupakan salah satu contoh yang sangat berharga bagi para pelaku bisnis dalam penerapan komunikasi bisnis lintas budaya .
  1. Pentingnya Komunikasi lintas Budaya
Sudah saatnya para pengambil keputusan , khususnya manajemen mengantisipasi era perdagangangan bebas dan globalisasi sejak dini . Era yang ditandai dengan semakin meluasnya berbagai produk dan jasa termasuk teknologi komunikasi ini , menyebabkan pertukaran info dari suatu Negara ke Negara lain semakin leluasa , sehingga seolah dunia ini tidak lagi terikat dengan sekat-sekat yang membatasi wilayah-wilayah suatu Negara .
  1. Memahami Budaya Dan Perbedaan
Setiap Negara tentu memiliki budaya sendiri yang berbeda dengan Negara lain . Pemahaman dengan budaya dan perbedaannya , menjadikan bahan yang sangat berharga ketika menjalin suatu kerjasama contohnya sederhana adalah penampilan ,dan cara berpakaian , bertemu , berjalan dan berbicara diantara kelompok masing-masing akan cberbeda .
  1. Komunikasi Dengan Orang Berbudaya Asing
  1. Belajar tentang budaya
Ketika merencanakan untuk melakukan bisnis dengan orang yang memiliki budaya berbeda ,seseorang akan dapat berkomunikasi secara efektif bila ia telah mempelajari budayanya .lagi pula ,ketika merencanakan untuk tinggal dinegara lain ,ia tentunya juga sudah mempersiapkan bahasa yang harus dikuasainya.disamping itu,ketika tingal di nengara lain alangkah baiknya orang tersebut juga sedikit banyak mengenal budaya maupun adat istiadat yang berlaku di Negara tersebut
  1. Mengembangkan keterampilan komunikasi lintas budaya
Mempelajari keterampilan komunikasi lintas budaya. pada umumnya akan membantu seseorang beradaptasi dalam setiap budaya,khususnya jika seseorang berhubungan dengan orang lain yang memiliki budaya berbeda.
Berikut ini adalah tips ketika anda berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki budaya berbeda.
a.berani bertanggung jawab saat berkomunikasi
b.asumsikan berbeda hingga suatu persaman telah terbukti
c.tidak memberi pendapat
d.empati
e.jangan melihat suatu yang superficial
f.feksibel atau luwes
g.mengirim pesan yang jelas
PERENCANAAN PESAN-PESAN BISNIS
  1. Pemahaman proses komposisi
Proses komposisi (Composition Proces) penyusunan pesan-pesan bisnis dapat dianalogikan dengan proses penciptaan lagu seperti yang dilakukan oleh seorang composer . Demikian halnya dengan proses komposisi untuk pesan-pesan bisnis .
Penyusunan pesan-pesan bisnis meliputi tiga tahap yaitu :
  1. Perencanaan
Dirancang dengan hal-hal yang cukup mendasar seperti maksud atau tujuan komunikasi audiens yang akan menerima pesan , ide pokok (Main Idea) pesan-pesan yang akan disampaikan dan disalurkan media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan .
  1. Pengorganisasian
Ide-ide dan selanjutnya dituangkan kedalam bentuk draf . Dimulai dengan merangkai kata , kalimat , paragraph dalam memilih ilustrasi .
  1. Revisi
Substansi pesan yag ingin disampaikan maupun dari gaya penulisannya , struktur kalimat yang digunakan , dan bagaimana tingkat pemahamannya .
  1. Penentuan Tujuan
Tahap pertama dalam perancanaan suatu pesan bisnis adalah memikirkan maksud atau tujuan komunikasi seseorang . Komunikator tentunya ingin menjaga nama baik dihadapan audiens , sekaligus menghasilkan Sesutu yang baik bagi organisasinya .
Untuk dapat melakukan hal itu , pertama anda harus menentukan tujuan yag jelas dan dapat diukur sesuai dengan tujuan organisasi .
Tujuan komunikasi bisnis terbagi menjadi tiga yaitu :
  1. Memberikan informasi
  2. Melakukan Persuasi
  3. Melakukan kolaborasi
  1. Tips Merangsang Munculnya Ide Bisnis :
  1. Jangan pernah memandang enteng hal yang kecil, karena itu bisa menjadi kesuksesan yang luar biasa.
  2. Pelajarilah kiat – kiat orang yang meraih kesuksesan dan mengalami kegagalan, sebagai inspirasi mengeluti sebuah usaha.
  3. Praktikanlah langkah – langkah membina potensi bisnis dengan cara :
    • Membantu orang lain.
    • Hobi.
    • Pengamatan.
    • Ide lama.
    • Ide orang lain.
    • Kolaborasi.
    • Terbitkan atau Luncurkan.
    • Catatan secara hukum.
    • Adakan pertunjukan.
    • Berikan sebagai nasihat kepada orang lain.
    • Jual sebagai konsumsi masyarakat.
  1. Tips Berangkat dari Kegagalan :
  • Jangan pernah merasa hidup telah berakhir, anggaplah kegagalan demi kegagalan sebagai ujian naik kelas.
  • Lakukanlah identifikasi persoalan, koreksi ulang berbagai hal yang menyebabkan anda gagal.
  • Catat langkah – langkah yang akan segera di ambil, gunakan daya fikir anda untuk membuat beragam alternatif tindakan yang akan anda lakukan.
  • Lakukan analisa resiko dari beragam langkah tersebut, baik plus atau minus maupun pro kontranya.
  • Segera ambil tindakan untuk bangun dan bertindak.
daftar pustaka:
komunikasi bisnis oleh:Drs.Djoko Purwanto,M.B.A
dasar-dasar bisnis dan pemasaran oleh:Dr.Buchari Alma
101  Tips sukses berbisnis oleh:Daniel A.Kuncoro
NAMA:SARI UTAMI
KELAS:1EB11
NPM:26210385

Tidak ada komentar:

Posting Komentar