TEMA :
MENGAPA KITA HARUS BERBISNIS?
JUDUL :
KOMUNIKASI BERBISNIS
DEFINISI
BISNIS
Adalah
semua kegiatan yang mencakup menyediakan barang dan jasa yang
diperlukan atau diinginkan
Oleh
orang atau dapat dikatakan bisnis dimaksudkan untuk menyedikan barang
dan jasa untuk tujuan
Mencari:
A.keuntungan
Kegiatan
bisnis yang tidak mengambil keuntungan adalah bisnis yang dilakukan
oleh kantor dinas pemerintah , rumah sakit dan pemadam kebakaran DLL.
B.Kantor
pemerintah melalui para karyawannya berusaha memberikan layanan
kepada masyarakat,ini juga disebut kegiatan bisnis.seperti:yang
dikatakan oleh BROWN dan PETRELLO business is and institution which
produces goods and service demanded by people.jadi,bisnis merupakan
suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat.
Kita
perlu mempelajari bisnis karena dunia bisnis sangat mempengaruhi
kehidupan semua orang . dan semua orang tertarik ,ingin mengetahui
dan terlibat dalam kegiatan bisnis .
Tujuan
utama kegiatan bisnis:
Mencari
keuntungan ,mengejar pertumbuhan ,meningkatkan efisiensi ,dan
melindungi masyarakat
FUNGSI-FUNGSI
DASAR BISNIS
Menurut
STEIN SKOFF dalam bukunya THE WORLD OF BUSINESS 1979 Menyatakan bahwa
untuk dapat menyediakan barang dan jasa bagi kebutuhan masyarakat
,maka dibutuhkan lebih dulu bahan mentahnya,lalu diproses dalam
pabrik menjadi hasil produksi.berikut ini beberapa fungsi-fungsi dasr
bisnis antara lain:
A.ACDUIRING
RAW MALERIALS(mencari bahan mentah)
B.MANUFACTURING
RAW MATERIALS TO CONSUMENT(menghasilkan barang ke tangan masyarakat)
SEGMENTASI
BISNIS
Bagian-bagian
kegiatan dalam dunia bisnis yang membantu memperlancar dan
mengembangkan kegiatan dunia bisnis.
A.Produsen
Penghasilan Bahan Mentah
Misalnya:bahan
mentah dari para petani
B.Pabrik-Pabrik
Dan Indusri Konstuksi Bangunan
Misalnya:pabrik
tertentu yang dibutuhkan oleh konsumen
C.Perusahaan
Angkut
Merupakan
kunci yang penting pula dalam kegiatan bisnis syah tanpa angkutan
barang telah terdapat diangkutan dari daerah-daerah lain
D.Sytem
Disrtibusi
Sangat
penting karena sytem ini yang menjamin barang sampai ketangan
konsumen
E.Perusahaan
Umum
Jasa
perusahaan umum sangat dibutuhkan seperti:perusahaan minyak, gas alam
,air minum DLL.
F.Perusahaan
Komunikasi
Sangat
penting artinya dalam kegiatan bisnis untuk menyampaikan pesan suatu
produk atau perusahaan .
G.Perusahaan
Asuransi
Semua
kerugian yang akan ditanggung UKP,asuransi sesuai dengan peraturan
yang berlaku
H.Lembaga
Pendidikan
Orang-orang
tidak diperoleh begitu saja ,mereka harus melewat pendidikan dan
pengalaman berpuluh-puluh tahun.
I.Penelitian
Sangat
penting dilakukan guna pengembangan masa mendatang
Isi
makalah ini akan dimulai dengan memberikan penjelasan secara ringkas
mengenai hal-hal utama manfaat berbisnis yang perlu diketahui lebih
dahulu oleh pembaca .itulah yang akan dipaparkan adalah mengenai buku
ini ditulis dengan maksud agar dapat dibaca oleh kalangan yang
terterah untuk mempelajari Dan mengkaji masalah-masalah bisnis dan
komunikasi berbisnis
PENGERTIAN
ETIKA BISNIS
Merupakan
sebagai suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran –ajaran
pandanganan mengenai baik buruk.etika mau
mengerti mengapa kita mengambil skop yang bertanggung jawab dalam
berhadapan dengan berbagai pandangan mengenai mengapa dasar apa kita
harus hidup menurut norma –norma tertentu.karenai itulah etika juga
dibutuhkan dalam bisnis , etika bisnis ada juga yang dikodifikasikan
dalam kode etik bisnis . yakni serangkaian kewajiban yang mengikat
para pelaku bisnis dalam mempraktikannya . kode etik ditetapkan oleh
para pelaku bisnis itu sendiri banyak kebiasaan bisnis
dikodifikasikan dalam peraturan perundang-undangan . hal ini belaku
dalam satu Negara tertentu , tetapi adakalanya bisa berlaku secara
internasional , antar bangsa yang sudah bertindak diluar batas Negara
ini .
KOMUNIKASI
DALAM BERBISNIS
Kegiatan
bisnis tidak akan berhasil tanpa adanya komunikasi-komunikasi dalam
bisnis terbagi menjadi 2 yaitu :
- Komunikasi intern
Dalam
perusahaan komunikasi perlu dibina secara baik dengan karyawan agar
mereka yakin dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan
- Komunikasi extern
Dilakukan
perusahaan dalam hubungan dengan masyarakat
- Komunikasi dengan langganan
Dengan
langganan atau konsumen perlu dibina komunikasi terus-menerus agar
konsumen tidak lupa dengan produk perusahaan
- Komunikasi dengan lembaga pemerintah
Karna
dalam berbisnis seseorang harus memehami peraturan-pereturan yang
dikeluarkan
- Komunikasi dengan masyarakat
Perusahaan
harus mengikuti hal yang berkembang dimasyarakat
TEKNIK
KOMUNIKASI BISNIS
- Mencetak bulletin
Diterbitkan
secara teratur yang memuat informasi tentang perusahaan , tentang
produk baru yang dikembangkan dll .
- Pembuat Film Dokumentar
Menyangkut
proses atau produk yamg dihasilkan oleh televisi dalam berita
pembangunan .
- Publicity
Mengundang
para wartawan atau kelokasi perusahaan , kemidian mengadakan
wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan .
- Promosi
Teknik
yang paling sering digunakan dalam berbisnis promosi , berarti semua
rasa yang bertujuan meningkatkan penjualan termasuk kedalam :
Personal Selling , Advertising , Publlicity , Sales Promotion .
MEMAHAMI
KOMUNIKASI BISNIS
Dalam kehidupan
sehari-hari , setiap orang tidak dapat dilepaskan dari dunia
komunikasi . mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali .
Sebelum berangkat kerja atau sekolah berbagai kegiatan komunikasi
mereka lakukan , seperti mendengarkan radio dan music dalam format ,
CD (Compact Disc) atau DVD (Digital Versatile Disc) , Menonton acara
televisi , membaca Koran tabloid , dan majalah .Kegiatan komunikasi
yang dilakukan menggunakan berbagai media komunikasi nonelektronik
(Konvensional) maupun elektronik
Dalam
dunia bisnis yang berskala kecil , menengah ataupun besar
orang-orang yang didalamnya (Para pelaku bisnis) tidak terlapas dari
kegiataan komunikasi . oleh karena itu , bagi mereka komunikasi
merupakan faktor yang sangat penting demi pencapaian tujuan suatu
organisasi . Mereka dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang
ada , baik yang konvensional maupun yang elektronih sebagai sarana
panyampaian pesan-pesan bisnis .
Sebagai
awal bahasan , akan dibahas dasar komunikasi bisnis yang mencakup
pengertian komunikasi , verbal dan nonverbal , proses komunikasi ,
sebab-sebab timbulnya kesalahpahaman dalam komunikasi dan cara-cara
memperbaiki atau meningkatkan komunokasi .
- Pengertian Komunikasi Bisnis
Menurut
HIMSTREET dan Baty dalam Business Communication : Principles and
Methods , Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara
individu melalui surat sistem yang biasa (Lazim) , baik dengan
simbol-simbol , sinyal-sinyal maupun perilaku atau tindakan .
Komunikasi
antar pribadi merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh dua
orang atau lebih dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami kedua
belah pihak dan cenderung lebih fleksibel dan informal .
Komunikasi
lintas budaya merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua
atau lebih yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda karena
perpedaan geografis , tempat tinggal . Komunikasi dapat terjadi pada
tingkat antar daerah , antar wilayah maupun antar Negara .
- Bentuk dasar komunikasi
- Komunikasi verbal (Verbal Communication)
Merupakan
salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis
untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik tertulis
(Writen) maupun lisan (Oral) . Bentuk komunkasi verbal ini memiliki
struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik , sehingga tujuan
penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai dengan baik .
Komunikasi
verbal dengan menyusun kata-kata kedalam suatu pola yang memiliki
arti atau makna dalam bentuk tertulis dan lisan Antara lain :
Mendengar dan membaca .
- Komunikasi Nonverbal
Bentuk
komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah
komunokasi nonverbal . Menurut teori antropologi , sebelum manusia
menggunakan kata-kata mereka telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh
, bahasa tubuh sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain .
- Proses Komunikasi
Perhatikanlah
seseorang yang sedang berbicara , menulis , mendengarkan atau membaca
. Kegiatan komunikasi yang mereka lakukan terdiri dari lebih dari
satu tindakan . Sebagai suatu proses , komunikasi mempunyai prasaan
dengan seseorang mengexspresikan perasaan , hal-hal yang berlawanan
(Kontradiktiv) yang sama serta meliputi proses menulis , mendengarkan
dan mempertukarkan informasi .
Tahapan-Tahapan
Proses Komunikasi :
- Pengirim mempunyai idea tau gagasan
- Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan
- Pengirim menyampaikan pesan
- Penerima menerima pesan
- Penerima menafsirkan pesan
- Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim
- Munculnya kesalahpahaman Komunikasi
Berikun
ini beberapa kesalahpahaman dalam komunikasi :
- Masalah dalam mengembangkan pesan
- Masalah dalam menyampaikan pesan
- Masalah dalam menerima pesan
- Masalah dalam menafsirkan pesan
- Bagaimana Memperbaiki Komunikasi
Dalam
melakukan komunikasi , adakalanya hasilnya tidak sesuai dengan apa
yang anda harapkan dengan kata lain , komunikasi anda lakukan tidak
efektif , tidak mencapai sasaran dengan baik oleh karena itu untuk
dapat melakukan yang efektif diperlukan beberapa persyaratan yaitu :
- Persepsi
- Ketepatan
- Kredibilitas
- Pengendalian
- Keharmoniasan
KOMUNIKASI
BISNIS LINTAS BUDAYA
- Pengertian komunikasi lintas budaya
Merupakan
komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal
maupun nonverbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya disuatu
daerah , wilayah dan Negara .
Indonesia
sebagai salah satu Negara yang sangat kaya dengan aneka macam budaya
merupakan salah satu contoh yang sangat berharga bagi para pelaku
bisnis dalam penerapan komunikasi bisnis lintas budaya .
- Pentingnya Komunikasi lintas Budaya
Sudah
saatnya para pengambil keputusan , khususnya manajemen mengantisipasi
era perdagangangan bebas dan globalisasi sejak dini . Era yang
ditandai dengan semakin meluasnya berbagai produk dan jasa termasuk
teknologi komunikasi ini , menyebabkan pertukaran info dari suatu
Negara ke Negara lain semakin leluasa , sehingga seolah dunia ini
tidak lagi terikat dengan sekat-sekat yang membatasi wilayah-wilayah
suatu Negara .
- Memahami Budaya Dan Perbedaan
Setiap
Negara tentu memiliki budaya sendiri yang berbeda dengan Negara lain
. Pemahaman dengan budaya dan perbedaannya , menjadikan bahan yang
sangat berharga ketika menjalin suatu kerjasama contohnya sederhana
adalah penampilan ,dan cara berpakaian , bertemu , berjalan dan
berbicara diantara kelompok masing-masing akan cberbeda .
- Komunikasi Dengan Orang Berbudaya Asing
- Belajar tentang budaya
Ketika
merencanakan untuk melakukan bisnis dengan orang yang memiliki budaya
berbeda ,seseorang akan dapat berkomunikasi secara efektif bila ia
telah mempelajari budayanya .lagi pula ,ketika merencanakan untuk
tinggal dinegara lain ,ia tentunya juga sudah mempersiapkan bahasa
yang harus dikuasainya.disamping itu,ketika tingal di nengara lain
alangkah baiknya orang tersebut juga sedikit banyak mengenal budaya
maupun adat istiadat yang berlaku di Negara tersebut
- Mengembangkan keterampilan komunikasi lintas budaya
Mempelajari
keterampilan komunikasi lintas budaya. pada umumnya akan membantu
seseorang beradaptasi dalam setiap budaya,khususnya jika seseorang
berhubungan dengan orang lain yang memiliki budaya berbeda.
Berikut
ini adalah tips ketika anda berkomunikasi dengan orang lain yang
memiliki budaya berbeda.
a.berani
bertanggung jawab saat berkomunikasi
b.asumsikan
berbeda hingga suatu persaman telah terbukti
c.tidak
memberi pendapat
d.empati
e.jangan
melihat suatu yang superficial
f.feksibel
atau luwes
g.mengirim
pesan yang jelas
PERENCANAAN
PESAN-PESAN BISNIS
- Pemahaman proses komposisi
Proses
komposisi (Composition Proces) penyusunan pesan-pesan bisnis dapat
dianalogikan dengan proses penciptaan lagu seperti yang dilakukan
oleh seorang composer . Demikian halnya dengan proses komposisi untuk
pesan-pesan bisnis .
Penyusunan
pesan-pesan bisnis meliputi tiga tahap yaitu :
- Perencanaan
Dirancang
dengan hal-hal yang cukup mendasar seperti maksud atau tujuan
komunikasi audiens yang akan menerima pesan , ide pokok (Main Idea)
pesan-pesan yang akan disampaikan dan disalurkan media yang akan
digunakan untuk menyampaikan pesan .
- Pengorganisasian
Ide-ide
dan selanjutnya dituangkan kedalam bentuk draf . Dimulai dengan
merangkai kata , kalimat , paragraph dalam memilih ilustrasi .
- Revisi
Substansi
pesan yag ingin disampaikan maupun dari gaya penulisannya , struktur
kalimat yang digunakan , dan bagaimana tingkat pemahamannya .
- Penentuan Tujuan
Tahap
pertama dalam perancanaan suatu pesan bisnis adalah memikirkan maksud
atau tujuan komunikasi seseorang . Komunikator tentunya ingin menjaga
nama baik dihadapan audiens , sekaligus menghasilkan Sesutu yang baik
bagi organisasinya .
Untuk
dapat melakukan hal itu , pertama anda harus menentukan tujuan yag
jelas dan dapat diukur sesuai dengan tujuan organisasi .
Tujuan
komunikasi bisnis terbagi menjadi tiga yaitu :
- Memberikan informasi
- Melakukan Persuasi
- Melakukan kolaborasi
- Tips Merangsang Munculnya Ide Bisnis :
- Jangan pernah memandang enteng hal yang kecil, karena itu bisa menjadi kesuksesan yang luar biasa.
- Pelajarilah kiat – kiat orang yang meraih kesuksesan dan mengalami kegagalan, sebagai inspirasi mengeluti sebuah usaha.
- Praktikanlah langkah – langkah membina potensi bisnis dengan cara :
- Membantu orang lain.
- Hobi.
- Pengamatan.
- Ide lama.
- Ide orang lain.
- Kolaborasi.
- Terbitkan atau Luncurkan.
- Catatan secara hukum.
- Adakan pertunjukan.
- Berikan sebagai nasihat kepada orang lain.
- Jual sebagai konsumsi masyarakat.
- Tips Berangkat dari Kegagalan :
- Jangan pernah merasa hidup telah berakhir, anggaplah kegagalan demi kegagalan sebagai ujian naik kelas.
- Lakukanlah identifikasi persoalan, koreksi ulang berbagai hal yang menyebabkan anda gagal.
- Catat langkah – langkah yang akan segera di ambil, gunakan daya fikir anda untuk membuat beragam alternatif tindakan yang akan anda lakukan.
- Lakukan analisa resiko dari beragam langkah tersebut, baik plus atau minus maupun pro kontranya.
- Segera ambil tindakan untuk bangun dan bertindak.
daftar pustaka:
komunikasi bisnis oleh:Drs.Djoko Purwanto,M.B.A
dasar-dasar bisnis dan pemasaran oleh:Dr.Buchari Alma
101 Tips sukses berbisnis oleh:Daniel A.Kuncoro
NAMA:SARI UTAMI
KELAS:1EB11
NPM:26210385
Tidak ada komentar:
Posting Komentar