Satu pengertian bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui jaringan internet dengan membuat website berdasarkan profil perusahaan kita. Bisnis Online dengan segala pengertiannya mempunyai berbagai batasan-batasan yang tidak jauh beda dari bisnis offline. Kalau anda belajar internet marketing sebagai affiliate marketer anda akan mendapati begitu banyak hal dasar yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum terjun ke medan untuk mempromosikan suatu produk. Kalau mereka para spammer yang tidak tahu kalau diri mereka adalah spammer sudah sepatutnya belajar etika bisnis online.
Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat, karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Berikut beberapa keuntungan bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :
1. Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar.
Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet
2. Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline.
Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen
3. Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline.
Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline
4. Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi.
Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan
5. Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas, bahkan nonstop 24 jam.
Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima system
6. Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen,
dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.
7. Tak Perlu Toko
Dengan berbisnis via internet, Anda tak memerlukan toko untuk memajang barang dagangan yang ditawarkan. Sehingga bisa menghemat biaya operasional, yaitu biaya sewa dan biaya lain seperti listrik, air, dan lainnya, termasuk pramuniaga (penjaga toko).
Dengan berbisnis via internet, Anda tak memerlukan toko untuk memajang barang dagangan yang ditawarkan. Sehingga bisa menghemat biaya operasional, yaitu biaya sewa dan biaya lain seperti listrik, air, dan lainnya, termasuk pramuniaga (penjaga toko).
- Tak Perlu Gudang & Tempat Luas Untuk Stok Barang
Salah satu keunggulan dari berbisnis via internet ini seringkali pebisnis tak perlu tempat alias gudang besar untuk stok barang/ dagangannya, sehingga bisa menghemat biaya gudang atau sewa tempat. Salah satu contoh pebisnis lewat internet adalah DELL Computer di Amerika Serikat, yang menjual komputer melalui internet.
Sedangkan kekurangannya, antara lain adalah :
- Resistensi Membeli Secara Online
Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima. Atau barang tak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tak diterima.
- Sistem Pembayaran
Salah satu penyebab nomor 3 atas resistensi membeli atau berbelanja secara online, karena “dirasakan” rumitnya sistem pembayaran untuk transaksi online. Banyak orang meragukan transaksi dengan pembayaran ke rekening langsung melalui transfer bank, karena takut tertipu.
Metode yang sering dilakukan, pakai kartu kredit. Sayangnya, banyaknya penipuan kartu kredit di Indonesia untuk transaksi online, menyebabkan pembayaran kartu kredit di Indonesia ditolak. Metode lainnya, dengan uang elektronik atau dompet elektronik. Tapi, tak semua orang familiar dengan metode ini, dan dirasa amat merepotkan.
- Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet (Muda)
Pengguna internet (khususnya di Indonesia, jika hanya ingin memasarkan di Indonesia), relatif anak muda. Orang tua usia di atas 45 tahun hanya sedikit yang menggunakan internet sebagai media transaksi (kecuali sebagian untuk transaksi perbankan). Sehingga, bila barang yang Anda pasarkan menargetkan kalangan atas dengan usia lebih “matang”, kemungkinan akan lebih memilih transaksi secara konvensional.
Khusus untuk bisnis online di bidang pakaian jadi, beberapa kekurangan yang mungkin timbul, antara lain :
- Ukuran/ Size Untuk Pakaian Yang Tak Sama
Tak bisa dipungkiri, ukuran tubuh orang Asia, terutama Indonesia, berbeda dengan ukuran tubuh orang asing. Maka, ukuran pakaian akan sangat sensitif.
Hal ini amat berhubungan dengan pasar online dari segi marketing atau internet bisnis yang tak ada batasnya, sehingga Anda bisa menawarkan, bahkan ada kemungkinan mendapatkan pembeli dari luar negeri. - Keinginan Untuk Memegang & Mencoba Bahan
Sedangkan untuk pasar Indonesia, pergi berbelanja masih dianggap aktivitas menyenangkan pelepas kepenatan dari pekerjaan dan beban hidup (terutama bagi wanita).
Selain itu, pembeli khususnya di Indonesia masih lebih mementingkan panca indera perasa (tangan) untuk mengetes barang yang akan dibeli, cocok dengan ekspetasinya atau tidak. Jadi, keberadaan toko masih diperlukan.
Nah, itulah sebagian kelebihan dan kekurangan berbisnis online, mulailah persiapkan semuanya dengan lebih baik.
Berbisnis online, sekali lagi, akan tergantung dari jenis usaha atau dagangan yang ditawarkan, target pasar, metode pembayaran, dan lainnya.
Jika anda ingin memasarkan produk anda ke luar negeri, resistensi dan keraguan dalam bertransaksi bisa dieliminasi dengan memberikan jaminan tukar barang atau uang kembali, bila barang yang dipesan tak sesuai. Dan anda harus konsisten dalam memberikan janji.
Berbisnis online, sekali lagi, akan tergantung dari jenis usaha atau dagangan yang ditawarkan, target pasar, metode pembayaran, dan lainnya.
Jika anda ingin memasarkan produk anda ke luar negeri, resistensi dan keraguan dalam bertransaksi bisa dieliminasi dengan memberikan jaminan tukar barang atau uang kembali, bila barang yang dipesan tak sesuai. Dan anda harus konsisten dalam memberikan janji.
Sedangkan untuk pasar lokal Indonesia, harus dipikirkan cara agar “dagangan” anda juga punya display atau tempat untuk memajang barang dagangan agar bisa dilihat, dipegang, dicoba, dan dirasakan pembeli. Setelah berhasil melakukan transaksi pertama dan puas, biasanya mereka tak akan ragu untuk membeli secara online lagi.
Selamat mencoba!
Selamat mencoba!
Berbicara tentang ide dan strategi pemasaran (marketing strategy) untuk pertumbuhan bisnis online sangat menarik. Ini berkaitan dengan hal-hal penting dalam pamasaran seperti; bagaimana Anda menarik perhatian orang, membangkitkan minat mereka, memicu keinginan mereka, dan memotivasi mereka untuk mengambil tindakan? jika Anda telah menemukan jawaban dari pertanyaan diatas maka anda telah menemukan strategi jitu untuk sukses pemasaran dan bisnis online Anda. Namun jawabannya adalah sebenarnya sangat berkaitan dengan hal hal penting pula seperti niche pasar, produk dan jasa, dan juga perkembangan strategi pemasaran yang terus diperbaharui sesuai dengan tren dan juga kebudayaan yang ada..
Meskipun tidak sempurna, beberapa tips berikut ini setidaknya dapat sedikit membantu dalam internet marketing dan bisnis online Anda, atau juga bisnis offline secara lebih umum.
Dapatkan Kepercayaan Pelanggan
Saat pertama calon pelanggan bertemu dengan Anda, biasanya terdapat keraguan, skeptis, ketidakpedulian, atau bahkan calon pelanggan bingung dengan Anda. Dalam hal ini Anda perlu untuk mempromosikan beberapa hal penting seperti; citra pengalaman Anda, kualitas, ketergantungan, baik layanan pelanggan atau nilai tambah bagi calon pelanggan Anda. Ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan mengatasi kesulitan dalam penjualan. Komunikasikan dengan jelas apa keuntungan calon pelanggan Anda jika berbisnis dengan Anda. Berikan alasan kuat mengapa mereka harus berbisnis dengan Anda. Jika dalam hal ini anda gagal, maka calon pelanggan anda akan berlari dan mungkin menjadi pelanggan dan mitra pesaing Anda.
Menembus kesadaran audiens target
Memasuki pikiran calon pelanggan Anda dengan menggunakan strategi pemasaran yang terintegrasi. Dalam hal ini biasanya mencakup strategi pemasaran situs web direncanakan dengan baik. Sederhananya begini: semakin banyak cara publik mendengar tentang Anda, maka semakin baik pula kesempatan Anda untuk memperkenalkan merek, kredibilitas, dan tentunya pangsa pasar yang lebih besar.
Tunjukkan antusiasme Anda
Jika Anda sangat percaya pada produk, layanan, perusahaan Anda, dan diri Anda sendiri, maka calon pelanggan akan mengetahui bahwa sikap bersemangat dan percaya diri Anda akan membuat mereka optimis untuk berbisnis dengan Anda. Kata-kata Anda memang penting, tapi komunikasi nonverbal - nada suara Anda, nada, kecepatan bicara, volume, ekspresi wajah, keterampilan mendengarkan Anda, kontak mata, dan responsif secara keseluruhan - dapat memiliki dampak yang lebih besar mengenai bagaimana Anda mempengaruhi dan membujuk calon pelanggan, calon klien, atau calon anggota Anda.
Pembelian merupakan keputusan emosional.
Menanamkan dalam diri prospek Anda tentang perasaan yang baik seputar perusahaan Anda, Bagaimana Anda akan berbisnis dengan mereka, dan bagaimana Anda dapat memperbaiki kehidupan mereka atau memecahkan masalah mereka. Untuk Mencapai hal yang sama penting dalam proses penjualan dan pemasaran adalah seperti memusatkan perhatian pada fitur produk dan juga manfaat produk.Anda perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang emosi dalam dunia marketing.
Mengusir ketidakpercayaan.
Dapatkan kepercayaan klien dan hilangkan perasaan tidakpercaya mereka dengan menawarkan jaminan tertulis kepuasan misalnya bila memungkinkan. Paparkan beberapa testimonial kepuasan pelanggan Anda, referensi, atau mungkin dengan bergabung dengan organisasi profesional yang dihormati dan terkenal , seperti Better Business Bureau, Kamar Dagang, dan asosiasi industri dan lain sebagainya.
Mengenakan tenggat waktu.
Masalah hambatan kesuksesan penjualan dalam marketing adalah adanya "penundaan". Ini biasa terjadi dan sangat umum. Untuk mengatasi kecenderungan alami manusia tentang penundaan pembelian, seringkali diperlukan untuk menyertakan kata "mendesak" ke iklan atau presentasi penjualan Anda. Ini seperti menyertakan kalimat "hanya untuk 100 pendaftar pertama" misalnya. Ini biasanya akan efektif untuk mendorong calon pelanggan Anda untuk melakukan tindakan pembelian secepat mungkin.
Membuat rencana pemasaran yang matang
Membuat rencana pemasaran bisnis kecil dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan dan peluang. Perencanaan strategi pemasaran. Anda juga harus memperhitungkan faktor-faktor seperti kelemahan Anda, ancaman eksternal seperti kompetisi, faktor-faktor ekonomi, dll. Dan juga strategi pemasaran yang anda gunakan, tujuan promosi, strategi penetapan harga, dan keputusan distribusi, strategi media, penjualan dan pengeluaran anggaran, analisis sasaran pasar (mengetahui pelanggan Anda), dan tersedianya alat-alat pemasaran, sehingga mungkin Anda perlu untuk melakukan riset atau melakukan akuisisi misalnya. Ini berkaitan dengan Marketing Plan.
Menggunakan Web (Internet Marketing)
Strategi ini dapat sangat efektif, dan inilah salah stu strategi pemasaran bisnis online Anda. Jika Anda sudah memiliki situs web, pastikan itu "dioptimalkan" untuk kata kunci sesuai prospek yang Anda cari. Ini berkaitan erat dengan SEO atau search engine optimization. Pelajari lebih lanjut tentang SEO.
Aspek penting lain adalah meningkatkan "visibilitas" Anda. Buat diri anda "terlihat". Atau kalo ANda mengibaratkan bendera, maka kibarkan setinggi mungkin agar telihat orang banyak. Seperti dalam SEO dalam hal ini mesin pencari Google adalah untuk mendapatkan situs lain yang link ke situs Anda. Ini biasanya disebut sebagai backlink atau linkin.
Teknik ini akan membawa Anda kepada manfaat yang optimal ketika situs yang terhubung ke Anda adalah situs yang mapan (dalam hal ini mungkin seperti PR tinggi), memiliki tema yang sama ke situs Anda (sering disebut faktor relevansi), atau dianggap sebagai "situs otoritas". (Situs Otoritas utama seperti mendapatkan link dari situs pemerintah (dot-gov), lembaga pendidikan (dot-edu), dan organisasi (dot-org). Web situs yang memiliki kualitas karena mendapatkan linkin atau backlink dari situs lain yang berkualitas, biasanya akan diberikan posisi yang lebih tinggi oleh mesin pencari Google daripada yang tidak. Pelajari SEO lebih jauh lagi tentang backlink dan link in. Terimakasih, semoga bermanfaat. Salah satu yang paling umum pada bisnis online saat ini adalah affiliate marketing. Anda bertugas mempromosikan produk perusahaan secara online dan Anda mendapatkan komisi pada setiap penjualan produk yang berhasil Anda lakukan.
Meskipun tidak sempurna, beberapa tips berikut ini setidaknya dapat sedikit membantu dalam internet marketing dan bisnis online Anda, atau juga bisnis offline secara lebih umum.
Dapatkan Kepercayaan Pelanggan
Saat pertama calon pelanggan bertemu dengan Anda, biasanya terdapat keraguan, skeptis, ketidakpedulian, atau bahkan calon pelanggan bingung dengan Anda. Dalam hal ini Anda perlu untuk mempromosikan beberapa hal penting seperti; citra pengalaman Anda, kualitas, ketergantungan, baik layanan pelanggan atau nilai tambah bagi calon pelanggan Anda. Ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan mengatasi kesulitan dalam penjualan. Komunikasikan dengan jelas apa keuntungan calon pelanggan Anda jika berbisnis dengan Anda. Berikan alasan kuat mengapa mereka harus berbisnis dengan Anda. Jika dalam hal ini anda gagal, maka calon pelanggan anda akan berlari dan mungkin menjadi pelanggan dan mitra pesaing Anda.
Menembus kesadaran audiens target
Memasuki pikiran calon pelanggan Anda dengan menggunakan strategi pemasaran yang terintegrasi. Dalam hal ini biasanya mencakup strategi pemasaran situs web direncanakan dengan baik. Sederhananya begini: semakin banyak cara publik mendengar tentang Anda, maka semakin baik pula kesempatan Anda untuk memperkenalkan merek, kredibilitas, dan tentunya pangsa pasar yang lebih besar.
Tunjukkan antusiasme Anda
Jika Anda sangat percaya pada produk, layanan, perusahaan Anda, dan diri Anda sendiri, maka calon pelanggan akan mengetahui bahwa sikap bersemangat dan percaya diri Anda akan membuat mereka optimis untuk berbisnis dengan Anda. Kata-kata Anda memang penting, tapi komunikasi nonverbal - nada suara Anda, nada, kecepatan bicara, volume, ekspresi wajah, keterampilan mendengarkan Anda, kontak mata, dan responsif secara keseluruhan - dapat memiliki dampak yang lebih besar mengenai bagaimana Anda mempengaruhi dan membujuk calon pelanggan, calon klien, atau calon anggota Anda.
Pembelian merupakan keputusan emosional.
Menanamkan dalam diri prospek Anda tentang perasaan yang baik seputar perusahaan Anda, Bagaimana Anda akan berbisnis dengan mereka, dan bagaimana Anda dapat memperbaiki kehidupan mereka atau memecahkan masalah mereka. Untuk Mencapai hal yang sama penting dalam proses penjualan dan pemasaran adalah seperti memusatkan perhatian pada fitur produk dan juga manfaat produk.Anda perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang emosi dalam dunia marketing.
Mengusir ketidakpercayaan.
Dapatkan kepercayaan klien dan hilangkan perasaan tidakpercaya mereka dengan menawarkan jaminan tertulis kepuasan misalnya bila memungkinkan. Paparkan beberapa testimonial kepuasan pelanggan Anda, referensi, atau mungkin dengan bergabung dengan organisasi profesional yang dihormati dan terkenal , seperti Better Business Bureau, Kamar Dagang, dan asosiasi industri dan lain sebagainya.
Mengenakan tenggat waktu.
Masalah hambatan kesuksesan penjualan dalam marketing adalah adanya "penundaan". Ini biasa terjadi dan sangat umum. Untuk mengatasi kecenderungan alami manusia tentang penundaan pembelian, seringkali diperlukan untuk menyertakan kata "mendesak" ke iklan atau presentasi penjualan Anda. Ini seperti menyertakan kalimat "hanya untuk 100 pendaftar pertama" misalnya. Ini biasanya akan efektif untuk mendorong calon pelanggan Anda untuk melakukan tindakan pembelian secepat mungkin.
Membuat rencana pemasaran yang matang
Membuat rencana pemasaran bisnis kecil dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan dan peluang. Perencanaan strategi pemasaran. Anda juga harus memperhitungkan faktor-faktor seperti kelemahan Anda, ancaman eksternal seperti kompetisi, faktor-faktor ekonomi, dll. Dan juga strategi pemasaran yang anda gunakan, tujuan promosi, strategi penetapan harga, dan keputusan distribusi, strategi media, penjualan dan pengeluaran anggaran, analisis sasaran pasar (mengetahui pelanggan Anda), dan tersedianya alat-alat pemasaran, sehingga mungkin Anda perlu untuk melakukan riset atau melakukan akuisisi misalnya. Ini berkaitan dengan Marketing Plan.
Menggunakan Web (Internet Marketing)
Strategi ini dapat sangat efektif, dan inilah salah stu strategi pemasaran bisnis online Anda. Jika Anda sudah memiliki situs web, pastikan itu "dioptimalkan" untuk kata kunci sesuai prospek yang Anda cari. Ini berkaitan erat dengan SEO atau search engine optimization. Pelajari lebih lanjut tentang SEO.
Aspek penting lain adalah meningkatkan "visibilitas" Anda. Buat diri anda "terlihat". Atau kalo ANda mengibaratkan bendera, maka kibarkan setinggi mungkin agar telihat orang banyak. Seperti dalam SEO dalam hal ini mesin pencari Google adalah untuk mendapatkan situs lain yang link ke situs Anda. Ini biasanya disebut sebagai backlink atau linkin.
Teknik ini akan membawa Anda kepada manfaat yang optimal ketika situs yang terhubung ke Anda adalah situs yang mapan (dalam hal ini mungkin seperti PR tinggi), memiliki tema yang sama ke situs Anda (sering disebut faktor relevansi), atau dianggap sebagai "situs otoritas". (Situs Otoritas utama seperti mendapatkan link dari situs pemerintah (dot-gov), lembaga pendidikan (dot-edu), dan organisasi (dot-org). Web situs yang memiliki kualitas karena mendapatkan linkin atau backlink dari situs lain yang berkualitas, biasanya akan diberikan posisi yang lebih tinggi oleh mesin pencari Google daripada yang tidak. Pelajari SEO lebih jauh lagi tentang backlink dan link in. Terimakasih, semoga bermanfaat. Salah satu yang paling umum pada bisnis online saat ini adalah affiliate marketing. Anda bertugas mempromosikan produk perusahaan secara online dan Anda mendapatkan komisi pada setiap penjualan produk yang berhasil Anda lakukan.
Ada banyak keuntungan yang terkait dengan peluang bisnis online ini. Anda dapat bergabung dengan bisnis ini dengan biaya yang kecil, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendapatan yang besar. Pangsa pasar Anda sangat luas karena menjangkau seluruh dunia. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan sebuah situs web/blog untuk memasarkannya.
Contoh dari affiliate marketing yang terkenal adalah amazon.com, ebay dan clickbank.
Contoh dari affiliate marketing yang terkenal adalah amazon.com, ebay dan clickbank.
Sekarang banyak dijumpai kursus singkat bagaimana membuat mini site amazon seperti yang dilakukan oleh belajar bisnis online. Hal ini dilakukan untuk menyiasati persaingan penjualan produk-produk amazon yang sangat banyak bermunculan akhir-akhir ini. Anda akan bersaing dengan ratusan, ribuan bahkan mungkin jutaan blog/web yang menjadi afiliasi amazon. Tapi Anda jangan menyerah dulu, toh banyak juga orang Indonesia yang berhasil dalam bisnis ini. Pendapatan puluhan juta per bulan sudah biasa kita dengar, tinggal bagaimana Anda sendiri seberapa serius Anda akan terjun ke bisnis afiliasi.
1.Agar sukses menjalani bisnis affiliate marketing, Anda harus belajar membuat web/blog, memahami SEO, belajar tentang search engine ( mengetahui pasar yang akan dibidik, sedikit yang mencari tetapi potensial untuk membeli produk ). Banyaklah belajar dari forum-forum seperti adsense-id, forums.digitalpoint dan forum-forum lain yang membahas masalah affiliate marketing.
2. Menjadi penulis konten.
Banyak perusahaan dan individu mencari konten baru untuk digunakan pada blog mereka atau kampanye pemasaran. Beberapa orang pemilik web/blog tidak punya waktu atau tidak memiliki keterampilan dalam menulis. Jika Anda memiliki kemampuan menulis, peluang ini sangat terbuka luas buat Anda. Di forum seperti adsense-id banyak anggota yang menawarkan jasa penulis konten. Jasa penulisan konten ini terjadi karena pemilik blog mendapatkan pekerjaan untuk menulis sebuah review produk atau penulisan artikel untuk pemasaran sebuah situs/blog yang menginginkan artikelnya unik. Biasanya pemilik blog yang mendapatkan pekerjaan tersebut tidak memiliki waktu untuk menulis karena saking banyaknya blog yang dimiliki.
3.Situs flipping adalah tentang membuat situs dan menjualnya di internet.
Jika Anda tidak memiliki keahlian untuk membuat situs Anda dapat membeli situs siap pakai dan mempelajari beberapa dasar HTML, sehingga Anda dapat melakukan perbaikan kecil dan menjualnya dengan jumlah uang yang lebih tinggi.
Anda bisa memperoleh informasi mengenai flipping ini di flippa.com
Anda bisa memperoleh informasi mengenai flipping ini di flippa.com
4.Membuat produk sendiri dan menjualnya di internet.
Salah satu keuntungan memiliki produk sendiri adalah keuntungan yang Anda peroleh bisa lebih besar. Menjual informasi produk sangat potensial sekali dilakukan secara online. Anda perlu waktu untuk menemukan sesuatu yang hangat dan banyak dicari kemudian menjualnya secara online. Anda bisa menemukan contoh dari afiliasi produk ebook di clickbank
Tidak ada komentar:
Posting Komentar